Thursday, May 6, 2010

Tips Biar Suka Membaca Ala UQI

Membaca merupakan suatu hal yang menurut sebagian orang begitu membosankan,tapi hal itu akan menjadi hal yang begitu menyenangkan apabila seseorang mengetahui seni dan manfaat dari membaca. Didalam ajaran kepercayaan sayapun membaca sudah ditekankan oleh Sang Pencipta Alam Semesta ini melalui Nabi Besar Muhammad SAW melalui wahyu pertama-Nya.  
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. (dikutip dari wikipedia). Membaca juga bisa dikatakan suatu hiburan, khususnya untuk bacaan yang bersifat humor ataupun fiksi. 
Manfaat membaca begitu banyak,yang pasti membaca membuat orang akan semakin "dinamis" alias berkembang karena dengan seringnya seseorang membaca maka akan menambah informasi yang ada di dalam memori kepala kita. Dan perlu diketahui juga bahwa negara-negara maju seperti Amerika,Jepang dan Jerman masyarakatnya terbiasa dengan adanya tradisi membaca, ga dijalan,dirumah dan dimanapun buku merupakan salah satu teman yang selalu dibawa kemana2. Dan terbukti bahwa peradaban merekapun lebih baik dari kita, dibandingkan negara kita, budaya membaca di masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara asia lainnya (menurut penelitian UNESCO) sehingga peradaban kitapun berjalan merayap. Saya sedikit memiliki tips untuk temen-temen biar suka membaca, yaitu :
  1. Untuk memancing niat membaca atau kemauan di awal carilah tema-tema buku mengenai sesuatu yang berkaitan dengan keadaan anda sekarang (terserah mau fiksi,ilmiah,humor dsb)
  2. Mood sangat menentukan dalam proses membaca, jadi jgn memaksakan membaca klo pas ga mood. Apabila dipaksakan akan membuat image kebiasaan membaca itu adalah hal yang "membosankan". Sehingga akan menimbulkan pengaruh yang tidak baik di kemudian hari klo anda ingin memulai membaca
  3. Apabila anda sudah mempunyai penghasilan jangan lupa menyisihkan penghasilan anda untuk membeli buku walaupun hanya satu buah buku perbulan. Dengan membeli buku dari hasil jerih payah anda, mungkin akan sedikit mendorong anda untuk membaca.
  4. Tanamkan keyakinan bahwa membaca adalah suatu hal yang bermanfaat
  5. Mulailah membaca sekarang sebelum kiamat datang....hihihihihi
Sedikit tips diatas mungkin sedikit membantu anda untuk membiasakan diri untuk selalu membaca dan membaca didalam kehidupan sehari-hari. Jadikanlah membaca itu suatu budaya didalam diri anda. Saya Yakin negara ini akan semakin maju dan berkembang apabila rakyatnya gemar membaca. So mulailah membaca.....!!! 

2 comments:

  1. membaca seperti sebuah kebutuhan pokok buat saya,tiap hari pasti mbaca..

    ReplyDelete
  2. @tukangpoto : siplah mas!! kita berarti sama hoby foto n membaca...kapan nih saya bisa diajak hunting bareng!!

    ReplyDelete

Pilih "Name/URL" Ketik "Nama" kemudian "Komentar"

NEW POST

INGIN KEMBALI LAGI.....

POPULAR POSTS