Saturday, April 17, 2010

UPIN-IPIN

Sudah minggu ajah hari, masih pengen kesana kemari. Pagi ini aku buka dengan pergi pagi nyari view yang bagus sambil pengen tau gmn Kota Padang di Pagi hari, hampir 2 tahun dsini jarang banget keluar pagi, kebiasaanq biasanya molor klo hari libur....hihihihihi. Oh ya gw lg memperhatikan film Upin-Ipin baru-baru ini, sbenarnya udah pengen ngerti bgt gmn sih film kartun dari Malaysia ini yang banyak digemari warga kita.Seperti biasa film upin-ipin kan diputer sore hari disalah satu tv swasta,jadi pas pulang kerja jadi bisa liat. Biasanya sih aq sering liat "Naruto" my favorite kartun sejak dari jaman bahelak, bhubung bisa download dan seri naruto sering diulang-ulang. Akhirnya jatuhlah pilihanku untuk liat upin-ipin sekalian mengobati rasa penasaranku.
Setelah aq liat nih film maknyus banget sampe keinget masa kecilq dulu, bgitu meng-Indonesia, serumpun sih kita ama Malaysia. Upin-ipin ini walopun tema-tema yang dibawakan sederhana tetapi dalem bgt (bagiku sih, ga tau yang lain). Konsep yang diusung juga sangat sederhana tetapi menarik,klo ama film-film kartun lain bikinan jepang masih kalah sih, tapi bhubung tema-tema yang dibawa bgitu meng-Indonesia mungkin itu bikin orang kita jadi suka melihat. So jgn dipungkiri klo memang kita dengan Malaysia emank Saudara yang semestinya saling memahami dan mengerti, jangan mau diadu oleh para elite2 yang mempunyai kepentingan sesaat. Upin-ipin mungkin bisa menjadi entry poin dan meninjau ulang segala kekacauan yang selama ini terjadi, kita ini mempunyai kulture yang mirip dan ga usah saling berebut hak paten, secara sejarah kalau ditelusuri pasti akan ktemu juga sebenarnya budaya itu tercipta darimana.
Upin-ipin merupakan suatu contoh buat kita semua, bahwa Malaysia lebih menghargai budaya-budaya mereka sendiri daripada kita. Lihat penduduk bangsa ini pengen dianggap sebagai rakyat modern yang hedonis dan meninggalkan segala budaya yang telah ada, mereka anggap bahwa budaya barat adalah budaya yang paling gaul n trendy. Ketika Malaysia mengklaim budaya yang sama dengan kita lgsg kebakaran jenggot, klo menurutku ya jgn salahkan mereka dunk, kita saja ga mau menjaga, klo mereka mau menjaga dan melestarikan why not? wake up man!!!! Budaya kita itu penuh beraneka ragam dan mantab-mantab so be proudlah ga usah melirik-melirik budaya lain yang ga jelas jeluntrungannya. 
Upin-ipin mungkin bisa jadi cermin buat kita.........aq rindu sama masa-masa dulu yang indah dan berbudaya indonesia.........cayooooooooo 

No comments:

Post a Comment

Pilih "Name/URL" Ketik "Nama" kemudian "Komentar"

NEW POST

INGIN KEMBALI LAGI.....

POPULAR POSTS